Selasa, 17 Februari 2015

FIRST YEAR BABY FOOD CHART 2

Every child eventually learns how to eat on their own

Setelah berumur 6 bulan bayi sudah bisa diberi makanan pembantu ASI, disebut sebagai makanan pembantu karena makanan utama bayi tetaplah ASI. Menu makan bayi 6 bulan tidak sama dengan anak 9 bulan keatas, sebab saat ini bayi belum memiliki gigi untuk memotong maupun mengunyah makanan. Oleh karena itu perlu perlakuan khusus saat meresep menu harian mereka.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada masa awal pemberian makan untuk bayi, akan lebih baik bila mereka diperkenalkan dengan satu jenis makanan selama beberapa hari sebelum pindah ke jenis makanan lain. Hal ini dilakukan untuk melihat reaksi tubuh anak dan ada baiknya hal ini juga dilakukan setiap kali akan memperkenalkan jenis makanan baru, terutama jenis makanan yang memiliki kecenderungan untuk menimbulkan alergi

Di bawah ini, Anda akan menemukan Skema secara umum. Jumlah perkiraan makanan, kapan sebaiknya makanan tersebut diberikan. 
 


Skema MPASI buat para buah hati kita



Ada baiknya mengenalkan sayur terlebih dahulu sebelum mengenalkan buah. Rasa buah yang manis akan menyebabkan bayi kurang tertarik dengan rasa sayur yang kurang manis.
Hal-hal yang disebutkan diatas adalah prinsip dasar dari pemberian MPASI. Hal tersebut dimaksudkan agar bayi bisa belajar mengenal berbagi jenis makanan sehat yang secara tidak langsung membentuk pola makan anak di masa yang akan datang.






Beberapa jenis makanan sehat untuk bayi yang bisa diperkenalkan pada masa awal perkenalan makanan bayi

Labu
Labu kaya akan vitamin A dan C serta memiliki rasa yang manis

Pisang
Makanan yang kaya akan gizi ini sangat baik buat bayi. Jika hendak memberi pisang pada bayi, sebaiknya bagian dalam nya jangan dimakan karena bisa menyebabkab sembelit pada bayi.

Brokoli
Sayuran hijau ini kaya akan serat, kalsium dan folat serta memiliki rasa yang unik yang dapat membantu meningkatkan selera makan bayi. Ada pendapat yang mengatakan bahwa brokoli sebaiknya diberikan setelah bayi berusia diatas 8 bulan karena brokoli dan juga wortel bisa menimbulkan alergi pada bayi yang memiliki bakat alergi dan sebaiknya ditunda saat anak sudah terbiasa dengan jenis makanan lain


 
Alpukat
Buah yahg satu ini kaya akan lemak tak jenuh yang baik untuk perkembangan otak


 
Berbagai jenis sayuran hijau
Bayam, Kangkung, sayuran ini mengandung zat besi yang tinggi




 
Kentang
Memiliki rasa manis yang khas, sumber karbohidrat dan juga kaya akan potasium dan niacin


 
Beras merah 
Memiliki kandungan gizi lebih banyak daripada beras putih. Tetapi hati2 beberapa bayi bisa menyebabkan BAB nya menjadi keras




Semakin banyak variasi yang diberikan. Semakin lengkap gizi yang diterima oleh buat sang buah hati.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar